Selasa, 06 Maret 2012

Representasi


Representasi
Representasi adalah konsep yang mempunyai beberapa pengertian. Ia adalah proses sosial dari 'representing'. Representasi menunjuk baik pada proses maupun produk dari pemaknaan suatu tanda. Representasi juga bisa berarti proses perubahan konsep-konsep ideologi yang abstrak dalam bentuk-bentuk yang kongkret. Jadi, pandangan-pandangan hidup tentang perempuan, anak-anak, atau laki-laki misalnya, akan dengan mudah terlihat dari cara memberi hadiah ulang tahun kepada temanteman yang laki-laki, perempuan dan anak-anak. Begitu juga dengan pandanganpandangan hidup terhadap cinta, perang, dal lain-lain akan tampak dari hal-hal yang
praktis juga. Representasi adalah konsep yang digunakan dalam proses sosial pemaknaan melalui sistem penandaan yang tersedia: dialog, tulisan, video, film, fotografi, dsb. Secara ringkas, representasi adalah produksi makna melalui bahasa (Hall, 1997:15).
Menurut Stuart Hall (1997), representasi adalah salah satu praktek penting yang memproduksi kebudayaan. Kebudayaan merupakan konsep yang sangat luas, kebudayaan menyangkut 'pengalaman berbagi'. Seseorang dikatakan berasal dari kebudayaan yang sama jika manusia-manusia yang ada disitu membagi pengalaman yang sama, membagi kode-kode kebudayaan yang sama, berbicara dalam 'bahasa' yang sama, dan saling berbagi konsep-konsep yang sama. Bahasa adalah medium yang menjadi perantara dalam memaknai sesuatu, memproduksi dan mengubah makna. Bahasa mempu melakukan semua ini karena ia beroperasi sebagai sistem representasi. Lewat bahasa (simbol-simbol dan tanda tertulis, lisan, atau gambar) dapat mengungkapkan pikiran, konsep, dan ide-ide tentang sesuatu. Makna sesuatu hal sangat tergantung dari cara individu merepresentasikannya. Dengan mengamati kata-kata yang digunakan dan imej-imej yang gunakan dalam merepresentasikan sesuatu bisa terlihat jelas nilai-nilai yang diberikan pada sesuatu hal tersebut.
Untuk menjelaskan bagaimana representasi makna lewat bahasa bekerja, bisa dipakai tiga teori representasi sebagai usaha untuk menjawab pertanyaan : darimana suatu makna berasal, Atau bagaimana individu membedakan antara makna yang sebenarnya dari sesuatu atau suatu imej dari sesuatu. Yang pertama adalah pendekatan reflektif. Di sini bahasa berfungsi sebagai cermin, yang merefleksikan makna yang sebenarnya dari segala sesuatu yang ada di dunia. Kedua adalah pendekatan intensional, dimana manusia menggunakan bahasa untuk mengkomunikasikan sesuatu sesuai dengan cara pandang terhadap sesuatu. Sedangkan yang ketiga adalah pendekatan konstruksionis. Dalam pendekatan ini dipercaya bahwa individu mengkonstruksi makna lewat bahasa yang dipakai.

22 komentar:

  1. boleh minta refrensinya nggak ni? minta tolong inbox ke milman721@gmail.com

    BalasHapus
  2. Boleh minta referensinya gak? kalo boleh tolong kirim ke email saya ya, butuh buat bahan skripsi, indriani.trihapsari@yahoo.co.id , terima kasih.

    BalasHapus
  3. Boleh minta referensinya gak? Tolong kirim ke email saya ya, rigelk.darius@yahoo.com
    Butuh banget buat bahan skripsi. Terima kasih

    BalasHapus
  4. Bolehkah minta referensinya? Untuk keperluan skripsi saya. Mohon bantuannya email saya adeliafarhanyh@gmail.com trimakasih. Salam. :)

    BalasHapus
  5. bisa minta referensinya ga? untuk bahan penelitian saya. mohon dibantu ya kirim kr email saya anitageofani@gmail.com terimakasih :)

    BalasHapus
  6. bisa minta referensinya ga? untuk bahan penelitian saya. mohon dibantu ya kirim kr email saya dindinfadilah@yahoo.com terimakasih :)

    BalasHapus
  7. Thanks ilmunya Dear Agan.... salam kenal www.sebelasmeter.com

    BalasHapus
  8. minta tolong bagi refrensinya ya. lagi butuh banget buat skripsi

    BalasHapus
  9. minta referensinya ya kak :) kebutuhan tugas kuliah. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. minta referensinya ya kak :) kebutuhan tugas kuliah. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. beloh minta referensinya nggak?? untuk keperluan tugas akhir. tolong kirim ke email ini ya sella.eliadita@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  12. boleh minta referensinya ga? untuk bahan skripsi. tolong kirim ke email iraisekai@gmail.com ya.
    terima kasih

    BalasHapus
  13. boleh minta referensinya ga? untuk bahan skripsi. tolong kirim ke email iraisekai@gmail.com ya.
    terima kasih

    BalasHapus
  14. boleh minta referensinya. untuk bahan skripsi. tolong kirim ke email melsimarlinabenu@gmail.com.
    terima kasih.

    BalasHapus
  15. boleh minta referensinya. untuk bahan skripsi. tolong kirim ke email melsimarlinabenu@gmail.com.
    terima kasih.

    BalasHapus
  16. Boleh minta referensinya untuk bahan skripsi. Tolong kirim ke email melsimarlinabenu@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  17. saya mau minta referensinya yaa. untuk bahan skripsi. tolong dikirimkan ke email rikiraka83@gmail.com
    terima kasih.

    BalasHapus
  18. saya mau minta referensinya ya. tolong dikirimkan ke email saurdotsitorus@gmail.com

    BalasHapus
  19. Mohon maaf sebelumnya, kalau boleh saya minta referensinya. Untuk bahan skripsi. Kalau berkenan mohon kirimkan ke email Lailatul.qomariyah06@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  20. boleh minta referensinya kak, buat bahan skripsi. kalau boleh kirim ke alamat email ratihyuswita@gmail.com

    BalasHapus
  21. Boleh minta referensinya kak, untuk bahan penelitian saya. Kalau boleh kirim ke alamat farahtazkya@gmail.com terimakasih sebelumnya kak...

    BalasHapus